Letters to Mr. Flavus

Saya membayar mahal untuk masuk ke sebuah gedung almamater. Saya membayar mahal untuk belajar dari mereka yang mengingat. Saya membayar mahal untuk menghafal. Saya membayar mahal bukan untuk mengerti. Saya membayar mahal untuk diprogram menjadi almamater itu sendiri. Saya membayar mahal untuk tidak menjadi saya.Saya membayar mahal untuk mendapatkan huruf ‘A’, tetapi bukan untuk ilmu. Saya membayar mahal untuk mengamankan masa depan saya, bukan untuk memaknai segala masa dalam hidup. Saya membayar mahal untuk dikurung dalam sebuah penjara. Saya membayar mahal untuk tidak merdeka.

Saya membayar mahal untuk men-tidak-manusiakan diri saya.

Saya berterima kasih kepada Sang Khalik, karena saya tidak perlu membayar untuk ilmu dan kebebasan.

Leave a Reply

