GERAKAN KEWIRAUSAHAAN NASIONAL KE-3: DARIPADA WIRA-WIRI CARI KERJA, LEBIH BAIK WIRAUSAHA

Artikel ini adalah artikel ke-3 yang gua buat untuk media gua dan udah di publish di majalah dari media tersebut. Artikel ini di-edit oleh teman-teman gua di media (cukup banyak yang di-rombak), dan beritanya gua dapet ketika gua melakukan reportase bersama temen gua, Hana Maulida sewaktu ke Gelora Bung Karno ada acara ini. Artikel ini dibuat pada malemnya (gua baru nyampe kosan) dan itu capek banget! Nggak heran artikel gua rada sal-asalan dan akhirnya harus dirombak temen-temen gua di media itu. Enjoy!

Dengan tema “Spirit of Global Enterpreunership”, Kementrian Koperasi dan UKM mengadakan Gerakan

(Foto oleh Hana Maulida) Akhtar Badshah, Keynote Speaker Microsoft

(Foto oleh Hana Maulida) Akhtar Badshah, Keynote Speaker Microsoft

Kewirausahaan Nasional ke-3 (GKN). GKN merupakan ajang kompetisi perencanaan bisnis dalam menciptakan wirausaha pemula yang berkualitas dan inovatif. GKN yang berjargon “daripada WIRA-WIRI cari kerja, lebih baik wirausaha” ingin meningkatkan semangat berwirausaha dI Indonesia. Acara diawali dengan sosialisasi penumbuhan wirausaha dilanjutkan dengan penyusunan business plan, seleksi dan penjurian business plan, presentasi business plan, dan Puncak acara GKN yang dilaksanakan tanggal 18 maret 2013 di Gelora Bung Karno, Senayan.

Dalam puncak acara GKN, Menteri Koperasi dan UKM, Dr. Syarief Hasan menyampaikan bahwa pertumbuhan ekonomi di Indonesia membaik. “Perekonomian Indonesia telah bertumbuh sebesar 6,3 persen per tahun 2012, kedua setelah Cina. “, jelasnya. Syarief menambahkan bahwa program GKN telah berjalan dengan sukses dan menaikan angka pengusaha kelas menengah menjadi 145 juta orang sejak GKN dilaksanakan tahun 2011 hingga kini. “Munculnya wirausaha Usaha Mikro Kecil dan Menengah telah membantu mengurangi tingkat pengangguran”, tambahnya. Masih menurut Syarief sejak tahun 2011, tingkat pengangguran telah turun sebesar 2,14 persen, dan akan terus meningkat pada tahun-tahun berikutnya. Penurunan tingkat pengangguran berakibat pada meningkatnya pendapatan per kapita menjadi 3.850 dollar dan peningkatkan Produk Domestik Bruto menjadi 1 triliun dollar AS.

Program GKN tahun ini berjalan melalui portal studigkm.com

dan telah diakses 13.341.907 pengunjung. Sosialisasi dan workshop GKN juga dilaksanakan di beberapa universitas, antara lain UI, ITB, Unpad, IPB, Institut Koperasi Indonesia, Bina Nusantara, dan UPH. Proposal business plan yang diterima dari seluruh penjuru Indonesia adalah 21.358 dan akan diseleksi. Bagi mereka yang lolos seleksi akan iberikan modal sebesar 5 juta sampai 25 juta. Dalam GKN, Kementrian Koperasi dan UKM bekerjasama dengan berbagai pihak salah satunya Microsoft yang bersedia memberikan program bernama Microsoft Youthspark. “Microsoft Youthspark adalah program dari microsoftyang ditujukan bagi pemuda Indonesia agar menjadi wirausahawan global, dinamis, dan bersemangat” tutur Keynote Speaker Microsoft, Akhtar Badshah.

Acara GKN juga dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono. Dalam pidatonya Presiden menyampaikan bahwa Ia senang dan bangga akan wirausahawan Indonesia. “Semoga dengan penggalangan program GKN ini, para pemuda dapat memulai usaha dan mengembangkan usaha demi terbukanya lapangan pekerjaan dan terhapusnya kemiskinan. Para pemuda yang optimis, tangguh, dan inovatif ini adalah pahlawan ekonomi Indonesia”, tuturnya.

Puncak acara ini ditandai dengan pemberian modal bagi para mahasiswa yang telah lolos seleksi proposal. Dan pemberian penghargaan kepada pengusaha-pengusaha UMKM yang telah berhasil dalam berwirausaha dan membantu meningkatkan pereko-nomian Indonesia. Acara ini juga dimeriahkan dengan penampilan hiburan dari Nidji, Noah, Judika.

 

/* Style Definitions */
table.MsoNormalTable
{mso-style-name:”Table Normal”;
mso-tstyle-rowband-size:0;
mso-tstyle-colband-size:0;
mso-style-noshow:yes;
mso-style-priority:99;
mso-style-qformat:yes;
mso-style-parent:””;
mso-padding-alt:0in 5.4pt 0in 5.4pt;
mso-para-margin-top:0in;
mso-para-margin-right:0in;
mso-para-margin-bottom:10.0pt;
mso-para-margin-left:0in;
line-height:115%;
mso-pagination:widow-orphan;
font-size:11.0pt;
font-family:”Calibri”,”sans-serif”;
mso-ascii-font-family:Calibri;
mso-ascii-theme-font:minor-latin;
mso-hansi-font-family:Calibri;
mso-hansi-theme-font:minor-latin;}

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s