Komputer (add-on) : Mengapa Komputer memakai sistem Binary?

Mengapa Komputer memakai sistem binary dalam prosesnya? Pertama, kita perlu mengetahui apa itu sistem binary. Sistem binary, adalah sistem angka yang didasari dengan dua angka utama, yaitu 1 dan 0. Bandingkan dengan sistem desimal, yang memakai 10 angka dari 0 sampai 9, seperti tangan kita.

Mengapa harus sistem ini?  Sistem binary dapat menampung semua angka, huruf, yang diperlukan untuk membentuk sebuah data. Misalkan, angka 9, dalam binary dapat dinyatakan dalam 1001. Huruf A misalkan, dapat dinyatakan dengan 0100 0011 (dalam ASCII). Mengenai angka binary ini sendiri, mungkin terlihat lebih memakan ruang karena angka 9 yang kita tulis dengan desimal hanya satu digit, tetapi dengan binary kita menulisnya menjadi 4 digit. Meskipun begitu, komputer juga dapat menyatakan huruf dan angka dalam sistem bilangan lain seperti desimal, dan tidak perlu harus binary (Akan dibahas dalam blog terpisah mengenai sistem angka ini).

Kalau begitu mengapa binary yang digunakan? Pertama kita perlu mengetahui fungsi dari angka 0 dan 1. 0 dan 1 adalah fungsi reasoning untuk komputer. 0 dan 1 lebih dapat digambarkan sebagai ‘Ya’ dan ‘Tidak’ dalam komputer. 0 dan 1 ini dipakai oleh ALU prosesor untuk mengatur apakah mereka harus menyalakan transistor (untuk menyalurkan data dalam aliran listrik, dimana setiap transistor tertuju ke bagian tertentu), atau mematikan transistor (untuk menghentikan aliran listrik). Fungsi 1 dan 0 dalam transistor ini berguna agar data tertuju hanya pada bagian yang layak menerima data tersebut, dan tidak ke bagian lain.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s