15/21. Life & Renungan : Do Good.

“Janganlah menahan kebaikan dari pada orang-orang yang berhak menerimanya, padahal engkau mampu melakukannya.”- Amsal 3:27

Bayangkan jika sekarang anda sedang ada di situasi ujung tanduk. Misalkan keuangan anda sedang bobro. Tentunya, anda ingin sekali ada seseorang yang dapat menolong anda. Tapi, bagaimana jika anda tidak ditolong?

Itulah yang menjadi bahan permenungan kita hari ini. Menolong orang lain. Dalam menolong orang lain, kita harus ikhlas dan harus memberikan yang harus bisa kita berikan pada orang tersebut.

Apakah ada kebaikan dalam diri kita? Tentu saja ada, semua orang memilikinya. Itu adalh ‘talenta’ alami yang dimiliki manusia. Setiap orang bisa berbuat baik. Permasalahannya, apakah orang itu mau melakukannya atau tidak.

Yesus mengajarkan kita untuk selalu mengasihi sesama kita seperti diri kita sendiri. Mengasihi sesama manusia. Diri kita adalah manusia, sesama kita juga adalah manusia. Diri kita dan manusia lainnya adalah sederajat dan sama. Maka dari itu, kita harus berbuat kasih pada sesama kita agar kehendak Allah ini terwujud, semua kasih-Nya tersebar di seluruh muka bumi ini. Berbuat baik itu adalah wujud kasih nyata Allah di dunia ini.

Berbuat baik tidak hanya untuk mendapat balasan kebaikan juga. Berbuat baik itu harus berasal dari ketulusan hati, harus ikhlas. Dengan begitu, kasih yang kita lakukan tidak pandang imbalan dan pandang bulu, dan kedamaian pun akan terwujud di dunia ini. Inilah yang tidak dapat dijelaskan hukum karma. Tidak pandang bulu, berarti berbuat baik tanpa memandang ras, suku, sampai rasa benci kita pada seseorang. Tidak pandang imbalan, berarti kita berbuat baik tanpa meminta balas budi. Bayangkan saja dunia seperti itu, dimana setiap orang berbuat baik, cinta dan kasih, bukankah itu kedamaian? Bukankah kedamaian itu kehendak Allah?

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s