11/21. Research : Influenza (pt.1)

Influenza atau flu, adalah penyakit yang eksis di kalangan masyarakat kita. Mengapa? Sebab setiap orang telah dan bahkan sering mengalami penyakit ini. Tapi, apa sih sebenarnya penyakit flu itu? Kenapa kita bisa kena penyakit itu untuk pertama kali dan berulang kali sepanjang hidup kita? Penyakit ini asalnya dari mana? Apa sudah ada pencegahannya atau belum? Di Research kali ini saya akan mencoba menjelaskannya.

Struktur Virus Influenza (www.en.wikipedia.org)

Struktur Virus Influenza (www.en.wikipedia.org)

Influenza adalah sejenis virus dari keluarga Orthomyxoviridae, sejenis keluarga virus dengan struktur sederhana yang menyebabkan lendir. Virus influenza juga termasuk kedalam golongan virus RNA (Ribonucleic Acid). Karena tergolong RNA inilah, yang menyebabkan penularan virus tidak terdeteksi. Virus ini dapat berubah dan ‘menyamar’ menjadi mRNA (bagian dari DNA yang bertugas mengirimkan asam nukleat ke ribosom), sehingga virus ini jadi sulit dilacak sistem antibodi. Jika virus ini dibiarkan dalam tubuh, akan menyebabkan komplikasi penyakit speerti pneumonia, yang ditandai dengan sulitnya bernapas.

Virus influenza hanya mengenai makhluk kelas Mamalia (makhluk berdarah hangat, contoh manusia), dan Aves (kelas burung-burungan seperti ayam, itik). Virus ini memiliki gejala yang khas, seperti demam(dengan suhu sekitar 38 – 39 C), badan menggigil (doisebabkan oleh demam (disbeut masuk angin), ini disebabkan oleh sistem imun tubuh yang melepaskan Eicosanoid ketika melawan virus flu, Eicosanoid dipakai untuk memancing sel darah putih untuk berkumpul),  Batuk (batuk kering, berarti ada kotoran yang masuk kedalam paru-paru, biasanya berujung pada TBC, atau ada alergi,  sedangkan batuk berdahak, biasa

Gejala-gejala Flu (en.wikipedia.org)

Gejala-gejala Flu (en.wikipedia.org)

nya yang umum disebabkan oleh flu), Sakit Kepala/Pusing (disebabkan oleh demam), Pilek /Hidung Tersumbat (virus masuk kedalam sistem pernapasan (salah satunya hidung) dan bereproduksi disana, menghambat pernapasan dan menghilangkan kemampuan mencium), badan yang lemas, sakit tenggorokan dan nyeri otot (sistem imun menyebabkan otak mengeluarkan sitokinin (TNF-Alpha) yang menyebabkan nyeri otot, sitokinin digunakan sistem imun untuk menggerakan sel darah putih, dan memiliki tujuan kebagian tubuh yang terinfeksi virus flu). Ada juga flu yang menyebabkan gejala seperti muntah-muntah, namunsebenarnya itu bukan flu, karena muntah adalah sebuah gejala yang disebabkan oleh tubuh untuk membuang bakteri yang mengganggu pencernaan, dan karena ketika muntah banyak makanan yang terbuang, akhirnya nutrisi yang didapat berkurang dan menyebabkan flu. Penyebaran flu dapat dari lingkungan kotor, udara (melalui bersin, dimana virus menyebar di udara), dan dahak batuk yang dihasilkan. Sering dikatakan hujan menyebabkan flu. Hujan dapat menyebabkan ketidakstabilan suhu pada tubuh sehingga menyebabkan masuk angin, tetapi tidak flu. Hujan mempercepat penyebaran flu karena ketika hujan orang cenderung untuk berkumpul di satu tempat indoor, sehingga mempercepat penyebaran virus dari satu orang ke orang lain. Flu juga cepat menyebar ketika musim pancaroba, dimana perubahan suhu (karena perubahan cuaca) terjadi terus menerus.

Sebenarnya, flu itu sendiri tidak menyebabkan gejala yang disebutkan (kecuali pilek), karena sebagian besar gejala disebabkan oleh sistem imun tubuh. Fungsi virus flu sendiri pun masih belum diketahui secara spesifik, apa gunanya buat tubuh masih belum diketahui. Penelitian menyebutkan kalau virus flu memiliki fungsi untuk menghalangi hormon ACTH (Adrenocorticotropic Hormone), atau hormon adrenalin. Tetapi, memang virus flu dapat menyebabkan penyakit parah seperti pneumonia, dimana virus menyebabkan inflamasi pada alveoli paru-paru. Sebuah virus diklasifikasikan sebagai flu jika menyerang sistem pernapasan karena virus flu umumnya menyerang sistem pernapasan.

Virus influenza dibagi atas beberapa tipe, yaitu Tipe A, Tipe B, dan Tipe C. Tipe A adalah virus dengan serotipe dan subtipe-subtipe yang banyak dan terus berkembang (zat antigen, semacam zat toxin untuk tubuh) terbanyak, sehingga sulit dilacak oleh tubuh dan dapat membuat antibodi kewalahan karena jumlahnya yang sangat banyak, bahkan virus ini dapat menyerang antibodi layaknya virus HIV. Virus ini juga memiliki hemaglutinin untuk membekukan darah manusia. Penyakit yang disebabkan influenza A juga mematikan karena jenis, seperti Influenza A Subtype H5N1 (Flu Burung, atau Avian Influenza), dan Influenza A Subtype H1N1(Flu Babi, atau Swine Flu, atau Flu Spanyol).  Virus Influenza Tipe B, umumnya jarang sekali mengenai manusia dan biasanya hanya terjadi pada hewan mamalia seperti anjing laut. Memiliki serotipe yang lebih sedikit dan influenza A dan sangat mudah untuk dilacak dan diatasi. Virus Influenza Tipe C hanya memiliki serotipe paling sedikit, hanya ada satu subtipe dengan nama yang sama dan paling lemah diantara virus influenza. Virus ini hanya menyebabkan gejala-gejala flu, dan mudah diatasi dengan istirahat.

Pencegahan dengan virus flu sederhana, yaitu dengan tidak menyentuh anggota tubuh kecuali dengan tangan yang bersih, menutup mulut atau hidung ketika batuk/bersin, atau memakai masker dan sarung tangan (meskipun tidak menutup kemungkinan bahwa virus flu dapat masuk). Vaksin untuk virus flu itu sendiri sudah ada, dimana vaksin dibuat dengan menyuntikkan strain virus influenza A dan B yang sudah dilemahkan. Namun, karena virus flu yang sering bermutasi (perubahan  yang terjadi dalam waktu yang sangat cepat, virus influenza memiliki serotipe yang dapat berubah-ubah), virus terus berkembang dan masih dapat menyebabkan orang terkena flu.

Pengobatan untuk flu sendiri ada dua jenis. Pertama untuk mengobati gejalanya. Paracetamol digunakan untuk gejala nyeri otot dan demam, sedangkan Aspirin untuk melawan pusing yang diberikan. Kemudian yang kedua,  untuk mencegah penyebaran,  dilakukan dengan antibiotik/antivirus, seperti Rimantadine untuk mencegah penyebaran virus.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s