11/21. Actual & Research : Avian Influenza/Flu Burung

Penyebaran Flu Babi Vs Flu Burung (en.wikipedia.org)

Penyebaran Flu Babi Vs Flu Burung (en.wikipedia.org)

Gambar transmisi elektron dari virus Flu Burung (en.wikipedia.org)

Gambar transmisi elektron dari virus Flu Burung (en.wikipedia.org)

Flu Burung belum lama ini naik daun lagi. Memang, penyakit ini adalah salah satu penyakit yang paling berbahaya saat ini. Bagaimana tidak? Penyakit ini diantara kasus-kasus yang ada, 60% meninggal, dan vaksin untuk virus ini masih belum sempurna juga pengobatannya. Sebenanrnya apa sih penyakit flu burung itu?

Flu burung adalah penyakit yang disebabkan oleh virus Influenza Tipe A, subtipe H5N1. Virus ini mendapatkan nama ‘burung’ karena pertama kali menyebar melalui hewan unggas. Flu burung adalah penyakit paling berbahaya saat ini selain HIV. WHO dan banyak perusahaan serta pemerintahan telah menggelontorkan dana ratusan triliun untuk penelitian terhadap vaksin penyakit ini.

Penyakit ini memiliki gejala seperti flu, namun yang berbahaya adalah penyakit ini menimbulkan pneumonia akut (contoh gejala adalah batuk darah), karena flu burung menginfeksi bagian dalam pernapasan seperti alveoli dan melakukan replikasi disana  Selain itu, penyakit ini menimbulkan gejala yang disebut Badai Sitokinin. Sitokinin, khususnya pada TNF-ALpha (Tumor Necrosis Factor) seperti di penelitian tentang influenza sebelumnya, menyebabkan otot sakit. Sitokinin yang disebabkan virus H5N1 lebih banyak .  Ada juga flu burung yang dapat menimbulkan diare dan coma. Gejala umum lainnya adalah konjungtivitis, dimana otot mata terus tegang dan sulit untuk berkedip.

Indonesia adalah salah satu negara dengan penyebar virus flu burung terbanyak, bersama dengan Vietnam. Indonesia sendiri baru-baru ini telah memproduksi sekitar 15 juta vaksin untuk mengatasi penyakit ini seltelah melakukan penelitian terhadap flu burung dan klasifikasinya. Flu burung di Indonesia sendiri diduga tidak hanya dari negeri, tetapi juga dari ayam impor dari luar negeri yang menginfeksi Indonesia.

Flu burung sendiri akan terkena pada manusia ketika menangani atau memakan unggas. Kemudian, setelah menular ke manusia, maka virus itu dapat tertular kepada manusia lainnya. Virus dapat menular ke manusia karena mutasi dari H5N1 tersebut di dalam tubuh hewan hingga akhirnya mengenai manusia. Belum lagi, proses mutasi tersebut berlangsung sangat cepat. Didalam tubuh manusia, virus ini juga bermutasi kembali hingga akhirnya sulit untuk dilawan oleh antibodi dan vaksin pun tidak mempan karena virus ini berkembang. Kecepatan mutasi jauh lebih cepat dari influenza biasa. Dibandingkan dengan flu babi, flu burung lebih susah untuk diobati. Flu babi menyebar dengan cepat, sehingga lebih mudah untuk diatasi dan setelah diatasi, virus tersebut hilang dari tubuh manusia. Sedangkan flu burung, menyebar secara perlahan dan sulit untuk terdeteksi virusnya, makanhya lebih sulit diatasi. Semakin lambat, maka virus tersebut semakin cepat bermutasi, maka sulit untuk dicegah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s