10/21. Life & Renungan : Mengingat Waktu

“Ajarlah kami menghitung hari-hari kami sedemikian, hingga kami beroleh hati yang bijaksana.” – Mazmur : 90:12

Semua manusia tentunya akan mengalami apa yang namanya kematian. Ayat hari ini sebenarnya menyatakan makna yang sangat jelas bahwa waktu hidup kita tidak akan lama. Tapi, ayat hari ini bukan bermaksud untuk itu. Ayat hari ini ingin menyatakan bahwa kita terkadang terlena untuk membuang waktu kita untuk hal-hal yang berguna, dan membuang waktu kita untuk hal-hal yang fana. Padahal batas waktu hidup kita tidak akan lama.

Kita manusia pasti memiliki sebuah tujuan hidup, dan terkadang kita sering sekali melupakan tujuan hidup kita. Kita lebih memilih untuk berfoya-foya, ketimbang memikirkan dan melakukan apa yang harus dilakukan untuk tujuan tersebut. Jangan heran bila suatu saat Tuhan akan mengambil nyawa anda dan anda tidak bisa mendapatkan tujuan anda.

Menghitung hari yang dimaksudkan Daud di sini adalah agar kita mengingat waktu, agar kita dapat menggunakkan waktu dengan baik. Bukan untuk merasa terbebani, tapi agar kita memiliki kemampuan untuk me-manage waktu. Waktu ada banyak, tetapi jika waktu digunakan secara tidak baik, atau tidak bijaksana, maka waktu itu akan kehilangan dengan sendirinya. Untuk melakukan segala sesuatu, kita perlu yang namanya waktu, itulah kenapa waktu sangatlah berharga, dan itulah asal-usul dari pepatah Time Is Money. Setiap detiknya, selalu ada yang namanya perubahan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s