9/21. Life & Renungan : Kapan Anda Mau Berubah?

“Berapa lama lagi, hai orang yang tak berpengalaman, kamu masih cinta kepada keadaanmu itu, pencemooh masih gemar kepada cemooh, dan orang bebal benci kepada pengetahuan?” Amsal 1:22

Ketika membaca quote ini, saya teringat game Yakuza 2 yang dulu pernah saya mainkan. Saya ingat di satu bagian, dimana salah seorang anggota yakuza-nya mengatakan, “ketika anda tahu jalan yang benar, anda tidak melakukannya”. Dari situ, saya mulai berpikir. Bahwa ini sebenarnya adalah kesalahan setiap manusia di dunia ini. Ketika Tuhan memberikan mereka jalan yang benar, mereka tidak melakukannya. Katanya, manusia ingin mengikuti jalan Tuhan?

Saya pun sebagai manusia tidak pernah luput dari kesalahan terbesar itu. Saya sering sekali membuang-buang waktu saya dengan bermain, dimana seharusnya saya tidak.

Kata pepatah, tidak ada yang namanya orang bodoh. Tapi, jika dipikir-pikir, orang bodoh itu ada, dan itu ada di dalam ayat ini. Orang bodoh adalah orang yang sudah mendapatkan pengetahuan tetapi tidak memakainya. Bukan orang yang tidak tahu pengetahuan.

Ayat hari ini memang memiliki maksud yang sudah sangat jelas, bahwa Tuhan menegur kita untuk tidak melakukan dosa lagi, bahwa kita sudah tahu keadlian dan kebenaran Allah, mengapa kita harus melakukannya lagi?

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s