1/21. Research : Smartphone pt.2 –> Perkembangan Smartphone

Perkembangan smartphone adalah sebuah evolusi, sebuah perubahan yang terjadi dalam waktu yang tidak singkat.

Perkembangan smartphone adalah sebuah perkembangan dari sistem operasinya itu sendiri. Lho, bukannya perkembangan mesinnya? Yah, memang mesin juga termasuk salah satu yang berkembang, tetapi bukan itu yang utama. OS (operating systems)-lah yang menyebabkan smartphone itu terlihat seperti sekarang. Ada 5 OS yang menjadi tanda signifikan perkembangan sebuah smartphone :

1. Symbian 

Nokia Communicator seri 9110 dan 9210 (www.wikipedia.org)

Tampilan UI symbian pada Nokia N70
Tampilan UI symbian pada Nokia N70 (wikipedia.org)

Symbian adalah pengawal dari semua OS untuk smartphone. Dikembangkan oleh perusahaan dengan nama sama, Symbian menawarkan OS yang mudah untuk dipakai karena dapat dijalankan tanpa hardware yang canggih, karena itu menghemat pemakaian baterai. Selain itu, User Interface symbian adalah yang paling sederhana, dan mudah dimengerti oleh kebanyakan orang. Symbian memang hanya dipakai oleh handphone Nokia, dan karena itu mulai dari aplikasi semuanya dibatasi oleh Ovi Store milik Nokia, selain itu tidak diberikan hak open-source oleh Nokia. Belum lagi, UI dari Symbian tidak semudah untuk dimodifikasi sebagaimana dengan Android. Symbian sukses membawa smartphone kemasyarakat dengan memunculkan seri Nokia 9000 Communicator di tahun 1996, yang saat itu dianggap smartphone canggih karena dapat memanfaatkan fitur PDA (seperti Internet dan pengelolaan data) ke masyarakat. Symbian menguasai pasaran smartphone pada era 90-an sampai 2011 karena dikalahkan oleh Android.

 

2. Android

UI Homescreen pada samsung Galaxy Note 2 (ww.wikipedia.org)
UI Homescreen pada Samsung Galaxy Note 2 (ww.wikipedia.org)

Adalah sebuah sistem operasi yang didasari pada sistem operasi Linux. Diciptakan oleh Andy Rubin dari Google pada tahun 2003,

Galaxy Nexus (www.wikipedia.org)

dan Google memberikan hak open-source (boleh dimodifikasi oleh siapapun) pada OS-nya, yang menjadi salah satu keuntungannya. Siapapun dapat memiliki akses ke seluruh bagian dari OS setelah melakukan root superuser pada OS-nya. Belum lagi, Android memberikan kebebasan bagi setiap orang untuk membuat aplikasinya dan dapat menjual di tokonya (Play Store) secara gratis (ada beberapa yang bayar). Inilah yang membuat pasar aplikasi android memiliki banyak sekali aplikasi. Di desain untuk touchscreen, android memiliki interface yang memudahkan penggunannya untuk langsung memodifikasi UI hanya dengan melakukan sentuhan saja. Selain itu segala notifikasi dari aplikasi, e-mail atau SMS, telepon, dan lain-lain tersaji di home screen android.Satu fitur signifikan dari android adalah fitur multitaskingdimana anda dapat menjalankan berbagai aplikasi sekaligus tanpa menutup salah satunya. Ada satu fitur unik dimana android menyediakan fitur untuk mengubah smartphone menjadi sebuah router bagi komputer untuk mengakses internet.  Dengan spesifikasi yang canggih, android memungkinkan anda untuk melakukan sesuatu dengan cepat, namun tentunya itu akan mengurangi penghematan pada baterai, karena tenaga habis untuk hardware. Belum lagi, Android memiliki fitur multitasking yang masih belum sempurna karena permaslaahan pada hardware tersebut, sehingga mudah crash atau hang. Android adalah OS tersukses saat ini dan telepon yang memakai ini juga terkena imbasnya. Banyak perusahaan juga yang memakai android untuk pembuatan smartphonenya, seperti HTC dan Samsung, dan karena itu juga setiap handphone yang memakai OS Android memliki cara pemakaian yang berbeda, dan ketika berpindah-pindah merek akan sulit untuk menyesuaikan, selain itu, spesifikasi system berubah-ubah karena pembuat yang berbeda juga.

3. iOS

Tampilan Homescreen iOS

Tampilan Homescreen iOS yang langsung menampilkan seluruh aplikasi yang ada di smartphone (www.wikipedia.org)

iPhone 4

iPhone 4 (www.wikipedia.org)

OS ini dikembangkan oleh Apple, untuk iPhone dan iPad-nya. OS ini dianggap sebagai bapak dari segala OS Smartphone, karena OS ini memang mendefinisikan kemudahan dari smartphone itu sendiri, dan banyak dari smartphone zaman sekarang yang mengikuti gaya dari OS-nya, dan Apple pun banyak menuntut perusahaan-perusahaan pembuat smartphone ke pengadilan. OS ini memiliki homescreen yang unik (yang mereka sebut dengan SpringBoard), dimana user dapat dengan mudah langsung mengakses aplikasi yang ada di smartphone mereka dan terdapat sebuah dock yang menampung aplikasi yang sering mereka gunakan dibawahnya (sangat mirip dengan UI milik android) . Belum lagi, pembentukan folder di iPhone sangatlah mudah hanya dengan memindahkan salah satu aplikasi untuk ‘menimpa aplikasi lainnya, dan kemudian muncullah sebuah folder (disebut jiggle system), dan sistem pembuatan folder pertama kali diperkenalkan oleh iOS. Awalnya, pengguna iOS diwajibkan men-jailbreak (membobol iOS secara illegal) untuk melakukan multitasking, namun sejak iOS 4 multitasking sudah ada, dan kelebihannya dibandingkan android, adalah multitasking di iPhone mudah dilakukan dan sulit untuk terjadi crash. Kelebihan lain adalah grafik iOS yang memiliki resolusi tinggi dan memiliki kulaitas grafis lebih baik daripada OS lainnya. Kekurangannya adalah iOS , karena dikontrol oleh Apple, maka seluruh aplikasi dipegang oleh Apple, dan untuk menjualnya di AppStore, harus ada sebuah biaya tertentu, sehingga pasar aplikasi tidak dipenuhi aplikasi yang banyak sebagaimana android, selain itu, hampir semuanya mengeluarkan biaya untuk men-download aplikasinya. Lalu, semua media (foto, musik, dll), dimonopoli oleh iOS, dan untuk melakukan penyimpanan gambar misalnya, tidak ada fitur “Save as..” sebagaimana di android (fitur ini dimaksudkan untuk mencegah pembajakan), dan karena itu juga, jailbreak meluas. Selain itu, android tidak open-source sebagaimana android sehingga sulit untuk modifikasi.

4. Windows Phone

Metro 'UI' dari Windows Phone 8 (www.wikipedia.org)

Metro ‘UI’ dari Windows Phone 8 (www.wikipedia.org)

Nokia Lumia 800 (www.wikipedia.org)

Nokia Lumia 800 (www.wikipedia.org)

Sebuah OS buatan Microsoft di tahun 2010, dan dianggap masih baru dalam dunia smartphone. Secara UI, memiliki sebuah interface dengan design yang unik, yang mereka beri nama ‘Metro’. UI ini memiliki keunikan untuk menyusun sendiri tampilannya, dan ketika aplikasi yang dimiliki terlalu banyak, maka akan muncul urutan abjad yang mengurutkan nama awal aplikasi tersebut. UI bersifat spacious, karena dapat mengatur ruang yang digunakan untuk menampilkan icon suatu aplikasi, tidak seperti android atau iOS (misalnya dapat memperkecil ukuran icon). Selain itu, UI metro ini membagi app menjadi beberapa hub, atau menjadi beberapa kategori berdasarkan fungsi app-nya, yang sangat memudahkan penggunanya. Multitasking juga sudah ada, dan seperti dengan kebanyak OS lainnya, ketika menjalankan aplikasi lain, maka aplikasi yang sebelumnya dijalankan tidak di-restart dan kembali ke kondisi sebelumnya, dan fitur ini diikuti oleh kebanyakan OS lainnya (fitur ini sudah hadir di windows phone 8). Keunikan dari OS ini adalah mengizinkan pemakainya untuk memodifikasi software dan juga hardwarenya sekaligus (dapat menyesuaikan dengan perubahan hardware). Sehingga pemakaian energi bergantung pada modifikasinya (windows phone juga  mendukung dual-core, atau dua processor), namun spesifikasi minimal yang diperlukan untuk windows phone juga dapat mengurangi pemakaian baterai. Ditambah, windows phone meningkatkan kemampuan dari sistem tersebut sehingga dapat bekerja lebih cepat, seperti peningkatan ukuran RAM (fitur ini juga ada di Windows 8 untuk komputer)  Windows phone juga mengizinkan usernya untuk melakukan modifikasi, meskipun tidak seluruhnya seperti android (full customization dapat membingungkan pengguna). . Windows Phone juga memungkinkan penggunanya untuk memakai memory external (MicroSD), tidak seperti iOS.Windows phone juga mengintegrasikannya dengan berbagai pelayanan windows seperti XBOX untuk bermain game. Fitur integrasi ini juga ada pada iOS yang mengintegrasikan dengan seluruh pelayanan Apple.Kekurangannya, Windows Phone belum dapat dengan baik menjalankan multitasking karena ketika user memakai banyak app sekaligus, akan menurunkan performa sistemnya.  karena tidak dapat menjalankan aplikasi lain ketika menjalankan suatu aplikasiLebih sayangnya lagi,  pasaran untuk app tidak sebanyak di iOS atau Android, dan pembuatan app juga masih didominasi oleh Microsoft. Ada juga fitur spesial seperti Kids Corner, dimana sistem telepon dipermudah untuk dipakai anak-anak. Windows Phone adalah pemula di dunia smartphone, dan memang belum banyak perusahaan yang ingin menggunakkannya.

5. Blackberry

UI dari Blackberry 10, OS terbaru Blackberry, mirip dengan tampilan android (www.wikipedia.org)

UI dari Blackberry 10, OS terbaru Blackberry, mirip dengan tampilan android (www.wikipedia.org)

Blackberry Curve 8900

Blackberry Curve 8900 (www.wikipedia.org)

Dibuat oleh Research In Motion (RIM), dan fitur utama dari OS ini adalah kemudahan berkomunikasi. Blackberry memang diintegrasi untuk komunikasi, dan terlihat pada layanan Blackberry Messenger-nya yang memudahkan untuk mengirim pesan dengan cepat dan gratis tanpa pulsa, juga dengan layanan internet dan wi-fi yang lebih terintegrasi, sehingga lebih cepat. Blackberry muncul pada tahun 2002 dan berhasil menguasai pasaran smartphone, bahkan disebut smartphone sejati, sebelum akhirnya dikalahkan oleh Android dan iOS. Sayangnya, karena terintegrasi untuk komunikasi saja, smartphone ini tidak memiliki kegunaan lain yang spesifik. Multitasking yang lambat dan menurunkan performa, kemudian ada penurunan performa dalam menjalankan aplikasi juga menjadi salah satu yang menurunkan nilainya. Open-source juga tidak dihadirkan, dan app yang tersedia tidak banyak dan fungsinya pun tidak tersedia dalam berbagai macam seperti di Android karena keterbatasan fungsi pada OS ini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s