1/21. Research : Smartphone..Apa sih itu?

Smartphones

Jika kita mendengar istilah smartphone, yang teringat di kepala kita biasanya adalah Android, iPhone, atau Blackberry. Jika ditanya, mungkin kita akan menjawab handphone canggih yang ada kameranya sama yang ada touch screen (layar sentuh). Jika kita mendefinisikannya seperti itu, memang ada benarnya karena sebagian besar smartphone seperti itu. Tapi, hasil penelitian saya di buku-buku dan sumber pustaka lainnya, menunjukkan pengertian yang berbeda.

Sebenarnya, apa sih smartphone itu? Dalam bahasa Indonesia, diartikan “Telepon Pintar”. Istilah ini dimaksudkan oleh para pengembang pesawat telepon untuk membedakan telepon yang baru mereka buat dengan telepon standar. Istilah ini dikemukakan pertama kali tahun 1997 oleh Sony Ericsson untuk ponsel GS 88-nya.

220px-Two_Cell_Phones

Apa itu telepon standar dan apa itu telepon pintar? Telepon standar adalah telepon yang hanya bisa mengirim pesan (SMS atau Short Message Service, atau layanan pesan singkat) dan menelepon saja. Sedangkan smartphone, adalah telepon yang bisa melakukan lebih dari sekedar menelepon dan mengirim pesan SMS saja. Telepon ini dapat kita gunakan untuk browsing, bermain game, atau mendengarkan lagu. Maka dari situ, smartphone dapat didefinisikan tidak hanya android, iPhone, atau blackberry saja tapi telepon-telepon yang terdahulu juga seperti Nokia 5610, Motorola Motorazr, dan lain sebagainya.

Berikut adalah ciri-ciri smartphone secara spesifik yang dapat lebih menjelaskan apa yang sudah dijelaskan di atas :

1. Adanya Jaringan Internet.

Telepon standar hanya dapat digunakan untuk menelepon atau mengirim pesan saja. Smartphone, yang memiliki jaringan internet (dengan kabel atau nirkabel) yang memudahkan pengguna untuk mengakses informasi dari kapanpun dan dimanapun atau untuk mendapatkan file.

2. Adanya Aplikasi.

 

Smartphone memiliki berbagai aplikasi yang dapat digunakan untuk berbagai macam kegunaan seperti untuk bermain game, mendengarkan musik, atau menyunting dokumen. Sehingga memudahkan seseorang untuk melakukan kerjanya karena bisa dilakukan dimana-mana tanpa harus membuka komputer.

3. Memiliki Sistem Operasi dan Spesifikasi Sistem yang lebih canggih.

Telepon standar memiliki sistem operasi. Namun, apa yang membedakannya dengan smartphone? Smartphone memiliki sistem operasi layaknya sebuah komputer, maka dari itu smartphone dapat beroperasi layaknya komputer. Contoh saja Android, memakai sistem operasi Linux (akan dijelaskan lebih lanjut pada artikel berikutnya). Spesifikasi sistem sebuah smartphone juga lebih canggih dari telepon standar. Mulai dari tampilannya (display) yang tidak hanya berwarna, tetapi memiliki resolusi yang tinggi mulai dari 240×320 sampai 1080×1920 pixels. Kemudian dari segi processor , memiliki kecepatan yang lebih tinggi, atau memiliki jumlah processor lebih dari satu. Dari segi RAM, juga memiliki kecepatan tinggi (sekarang sudah mencapai 1.5 GHz ke atas).

Itu sekilas tentang smartphone secara umumnya. Pada artikel berikutnya, akan dijelaskan dari segi perkembangan telepon dan sistem operasinya.

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s